Kamis, 19 Februari 2009

HALT

Oleh Anthony Dio Martin
Ada empat situasi di mana Anda harus berhati-hati sebelum mengambil keputusan, sikap maupun perilaku anda. Keempat situasi ini dapat disingkat menjadi HALT, yang merupakan singkatan dari Hungry (lapar), Angry (marah), Lonely (kesepian), Tired (lelah).

1. H - Hungry. Pada umumnya, ketika lapar, seseorang akan sulit berpikir jernih. Seorang teman saya bahkan pernah berkata bahwa ketika ia lapar ia berbelanja dengan rakus dan tidak rasional. Rasanya semua ingin dibeli. Hindari pengambilan keputusan penting saat Anda sedang lapar.

2. A – Angry. Hati-hati dengan reaksi Anda ketika sedang marah. Pada saat seperti itu, logika Anda tidak berfungsi banyak karena Anda lebih dikendalikan oleh emosi Anda. Keputusan yang diambil pada saat sedang marah seringkali disesali belakangan. Karena itu, tunggu sampai amarah Anda reda sebelum mengambil keputusan-keputusan penting.

3. L – Lonely. Seorang pimpinan sales representative di sebuah perusahaan farmasi telah ditipu mentah-mentah oleh seorang pria yang telah beristri. Ceritanya berawal dari rasa kesepian, di mana ia membutuhkan teman untuk sharing, untuk mencurahkan isi hatinya, sampai-sampai ia mengalami cinta buta. Ia bahkan merelakan kartu kreditnya dipakai tak terbatas oleh sang pria. Belakangan ia baru sadar bahwa ia telah tertipu.

4. T – Tired. Ketika mengambil sertifikasi master saya di bidang rekrutmen dan asesmen, saya pernah mempelajari teknik stress interview. Caranya calon pelamar kerja dibuat menjadi letih dan capek menunggu. Tanpa setetes airpun mereka dibiarkan letih secara fisik lalu diobservasi. Logikanya, kalau mereka punya daya tahan tinggi, meskipun capek, mereka akan tetap bisa menjawab pertanyaan dan tes dengan baik. Cara ini banyak dipakai dalam bidang militer khususnya dalam interogasi. Tentu saja teknik ini kurang manusiawi dan sudah ditinggalkan dalam dunia rekrutmen. Tetapi ada kenyataan yang dipercaya di sini yaitu bahwa ketika kita capek, kita menjadi kurang rasional. Kita menjadi mudah terpengaruh dan sulit mengendalikan pikiran, sikap serta tindakan kita sendiri.

Keempat kondisi di atas, Hungry, Angry, Lonely, Tired akan menyebabkan Anda mengambil keputusan yang tidak rasional yang bisa merugikan Anda sendiri. Karena itu, sedapat mungkin hindari pengambilan keputusan bila Anda berada dalam situasi di atas.

Tidak ada komentar: