Minggu, 15 Februari 2009

Empat Langkah Penting

Oleh Brian Tracy

Bukan apa yang terjadi pada Anda, tetapi apa reaksi Anda untuk semua yang terjadi, khususnya kalau Anda menghadapi berbagai masalah yang tidak Anda harapkan. Anda akan belajar strategi yang dapat Anda gunakan untuk membuat Anda tetap berpikir dan bertindak positif dan kreatif. Ada empat hal yang dapat Anda lakukan yang akan memastikan bahwa sikap Anda tetap sebaik mungkin dalam segala situasi.

Fokus ke Masa Depan
Pertama, tantangan apapun yang Anda hadapi, pusatkan perhatian Anda pada masa depan, bukan pada masa lalu. Daripada mencari kambing hitam, siapa yang salah atau apa penyebabnya, pusatkan perhatikan Anda pada kemana arah Anda dan apa yang Anda ingin lakukan. Dapatkan gambaran jelas tentang sukses masa depan yang Anda inginkan dan ambil langkah apapun yang diperlukan agar Anda bergerak ke arah tersebut. Arahkan pikiran dan imajinasi Anda ke masa depan.

Fokus Pada Solusi
Kedua, kalau Anda menghadapi masalah, pusatkan perhatian Anda pada solusi, bukan pada masalahnya.Pikirkan dan bicarakan solusi ideal terhadap kesulitan atau penghalang tersebut dan jangan menghabiskan waktu pada masalah. Solusi selalu bersifat positif sementara masalah selalu negatif. Pada saat Anda mulai berpikir dan berfokus pada solusi, sikap Anda menjadi positif dan membangun.

Lihat Kepada Yang Baik
Ketiga, anggap ada sesuatu yang baik yang tersembunyi pada setiap kesulitan atau tantangan. Dr. Norman Vincent Peale, yang banyak mengajarkan berpikir positif, pernah berkata, ”Pada waktu Tuhan mau memberkati kita, Ia membungkusnya dalam masalah.” Semakin besar berkatNya, semakin besar juga masalahnya. Kabar baiknya adalah kalau Anda dapat melihat kepada berkatnya, Anda akan selalu mendapatkannya.

Lihat Kepada Pelajaran yang Berharga
Keempat, anggap setiap situasi yang sedang Anda hadapi saat ini adalah situasi tepat yang Anda butuhkan untuk benar-benar berhasil. Situasi ini sengaja dikirim kepada Anda untuk menolong Anda belajar sesuatu, untuk menolong Anda menjadi lebih baik, untuk menolong Anda bertumbuh dan berkembang.

Kerjakan Apa Yang Dikerjakan Orang-orang Yang Berhasil
Sikap mental positif tidak dapat diabaikan untuk kesuksesan Anda. Anda dapat menjadi sepositif mungkin seperti yang Anda inginkan kalau saja orientasi Anda selalu ke masa depan, berfokus pada solusi dan mencari yang baik. Jika Anda selalu mengerjakan apa yang dikerjakan orang-orang sukses, jika Anda menggunakan pikiran Anda untuk mengendalikan situasi, Anda akan lebih banyak bersikap positif dan ceria. Akibatnya, Anda akan mendapatkan semua yang dinikmati oleh mereka yang sukses.

Langkah Praktis Untuk Diterapkan
Pertama, selalu berorientasi pada solusi ketika Anda menghadapi kesulitan apapun. Jadikan kebiasaan untuk selalu mencari jawaban terhadap semua pertanyaan Anda, mencari solusi terhadap masalah-masalah Anda.
Kedua, carilah pelajaran berharga di dalam setiap tantangan. Buat daftar untuk setiap ide atau pelajaran yang dapat Anda peroleh bagi setiap masalah atau kesulitan.
Ketiga, tuangkan pikiran Anda di atas kertas. Ambil waktu untuk menulis setiap detil dari masalah Anda, kemudian ambil langkah berikutnya yang paling logis untuk menyelesaikannya.

Tidak ada komentar: